loader image
021- 2510670
sekretariat@yayasan-iki.or.id

Kunjungan ke Direktur Capil

661 views
kunjungan ke direktur capil
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Pada hari Jum’at Legi, 20 Januari 2023, para peneliti Yayasan Insittut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Eddy Setiawan, Ign Mahendra Kusumaputra, dan Paschasius Hosti Prasetyadji, melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si, terkait pemenuhan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi anak-anak yatim-piatu yang tinggal di panti asuhan ataupun rumah singgah.

 

Direktur Catatan Sipil Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si, menerima para peneliti Yayasan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI): Paschasius Hosti Prasetyadji, Eddy Setiawan, dan Ign Mahendra Kusumaputra, Jum’a Legit, 20 Januari 2023.

Koordinasi dan konsultasi ini menjadi bagian dari kegiatan IKI, untuk mencapai penyelesaian dari permasalahan yang terjadi di lapangan. Seperti di beberapa daerah dampingan Yayasan IKI, ditemukan beberapa permasalahan terkait pemenuhan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi anak-anak panti asuhan, antara lain masalah kesulitan pemotretan iris mata bagi anak-anak berkebutuhan khusus serta permasalahan pindah data bagi anak-anak panti yang berasal dari luar daerah kab/kota maupun propinsi.

Untuk kedua permasalahan ini, di beberapa daerah penyelesaiannya masih belum seragam. Oleh karena itu, Yayasan IKI berharap adanya penyelesaian yang simple mengingat kondisi geografis, serta phisik dan mental anak-anak namun tidak melanggar prinsip-prinsip hukum. *** (prasetyadji)

Tags:

Kirim opini anda disini

Kami menerima tulisan berupa opini masyarakat luas tentang kewarganegaraan, administrasi kependudukan, dan diskriminasi

Klik Disini

Related Post

Berita
Prasetyadji

SINTAWATI MERASA PLONG

Sintawati, warga kampoeng Rawa Saban RT 002/003 Desa Suryabahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, merasa plong dan lega hatinya ketika menerima

Baca Selengkapnya »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow us on

Jangan ragu untuk menghubungi kami
//
Swandy Sihotang
Peneliti Yayasan IKI
//
Eddy Setiawan
Peneliti Yayasan IKI
//
Prasetyadji
Peneliti Yayasan IKI
Ada yang bisa kami bantu?