loader image
021- 2510670
sekretariat@yayasan-iki.or.id

Universitas Sebelas Maret, Solo

928 views
UNS Warek
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Universitas Sebelas Maret, Solo

Kesempatan yang luar biasa pada tanggal 16 September 2022, Peneliti Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) Mahendra Kusumaputra berkesempatan untuk diterima oleh jajaran pimpinan Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) ditengah kesibukan beliau yang luar biasa, Rektor Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum dan Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. dan Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak, Dekan Sekolah Vokasi dimana UNS memiliki Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil yang merupakan bagian dari Sekolah Vokasi UNS.

Program Studi D4 Studi Demografi dan Pencatatan Sipil merupakan salah satu program studi yang berada di bawah naungan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret. Pembukaan Program Studi D4 Demografi dan Pencatatan Sipil pada tahun 2017 melalui kerjasama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri. Program Studi D4 Demografi dan Pencatatan Sipil memberlakukan kurikulum dengan beberapa bidang keilmuan yaitu bidang Hukum, Pencatatan Sipil, Demografi, IT dan Statistika.

Program Studi D4 Studi Demografi dan Pencatatan Sipil memiliki satu Laboratorium Adminduk yang merupakan hibah dari Ditjen Dukcapil Kemendagri. Program Studi D4 Studi Demografi menghasilkan lulusan yang telah menempuh beban studi sebanyak 144 sks yang terdistribusi dalam 8 semester. Masa Studi dibagi dalam 3 tahap, semester 1-3 mahasiswa melakukan pembelajaran secara teori, Semester 4-7 mahasiswa melakukan praktek magang di Dinas Dukcapil Solo Raya dan beberapa daerah lainnya serta pada Semester 8 mahasiswa melakukan penulisan Tugas Akhir.

Pertemuan berjalan hangat walaupun ditengah kesibukan bapak Rektor yang baru kembali dari jakarta, mengalir penuh rasa kekeluargaan didorong oleh semangat untuk berbagi keilmuan dan pengalaman berkaitan dengan Administrasi Data kependudukan dan Pencatatan Sipil. IKI merupakan yayasan sosial yang berkegiatan dalam koridor tiga pilar kegiatan sosial, yaitu Kewarganegaraan, Kependudukan dan Penghapusan Diskriminasi. Kesamaan pilar kegiatan tersebut membuat keinginan kerjasama lebih lanjut dengan Sekolah Vokasi UNS secara umumnya dan khususnya program studi D4 demografi dan pencatatan sipil dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk Indonesia yang lebih baik dan maju.

Tags:

Kirim opini anda disini

Kami menerima tulisan berupa opini masyarakat luas tentang kewarganegaraan, administrasi kependudukan, dan diskriminasi

Klik Disini

Related Post

Berita
Prasetyadji

SINTAWATI MERASA PLONG

Sintawati, warga kampoeng Rawa Saban RT 002/003 Desa Suryabahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, merasa plong dan lega hatinya ketika menerima

Baca Selengkapnya »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow us on

Jangan ragu untuk menghubungi kami
//
Swandy Sihotang
Peneliti Yayasan IKI
//
Eddy Setiawan
Peneliti Yayasan IKI
//
Prasetyadji
Peneliti Yayasan IKI
Ada yang bisa kami bantu?