loader image
021- 2510670
sekretariat@yayasan-iki.or.id

Adminitrasi Kependudukan Kota Cirebon

837 views
Kadis Dukcapil Kota Cirebon 2
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Adminitrasi Kependudukan, Kota Cirebon

Pada kesempatan silaturahmi rabu 20 Juli 2022, Kepala Dinas menyambut baik kerjasama IKI dengan Dukcapil Kota Cirebon, untuk itu beliau beri saran agar kerjasama ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman antara IKI dengan Pemkot Cirebon cq. Dinas Dukcapil sebagai landasan hukum dan acuan kerjasama. Lebih lanjut beliau menjelaskan beberapa program Dukcapil yang sudah berjalan untuk melayani kurang lebih 343.000 warga Kota Cirebon, antara lain pelayanan yang terintegrasi, dicontohkan bagi pasangan yang menikah, akan langsung mendapatkan Kartu Keluarga baru, KTP baru. Begitu juga untuk keluarga yang melahirkan, akan langsung mendapat akta kelahiran si anak dan perubahan kartu keluarga.

 

Selain itu, Dukcapil Kota Cirebon aktif jemput bola ke SMA-SMA mendata siswa-siswi SMA yang sudah berumur 17 tahun dan yang akan berumur 17 tahun 6 bulan ke depan untuk dilakukan perekaman data. Kegiatan lainnya bekerjasama dengan PAUD dan SD mendata siswa-siswi untuk diberikan akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA), bahkan Dinas Dukcapil sudah mendatangai 5 sekolah luar biasa (SLB) dan pusat rehabilatasi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) untuk melakukan perekaman dan pendataan. Disampaikan juga bahwa di Kota Cirebon sampai saat ini sudah 90,35% anak usia 0-18 tahun memiliki akta kelahiran, dan masih terus ditingkatkan untuk mengejar target capaian rata-rata nasional. Untuk itu pihak Dinas Dukcapil Kota Cirebon menyambut baik kerjasama dengan IKI dan PSMTI. Semua kegiatan jemput bola ini dilakukan sore hari diluar jam kerja, karena pada jam kerja tetap harus melayani warga yang datang ke kantor Dinas Dukcapil.

 

Motto dari Dinas Dukcapil Kota Cirebon adalah membahagiakan warga, dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan secepat-cepatnya walaupun kondisi kantor Dinas Dukcapil saat ini kurang memadai sambil menunggu kantor Dinas Dukcapil baru yang sedang dibangun.

Tags:

Kirim opini anda disini

Kami menerima tulisan berupa opini masyarakat luas tentang kewarganegaraan, administrasi kependudukan, dan diskriminasi

Klik Disini

Related Post

Berita
Prasetyadji

SINTAWATI MERASA PLONG

Sintawati, warga kampoeng Rawa Saban RT 002/003 Desa Suryabahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, merasa plong dan lega hatinya ketika menerima

Baca Selengkapnya »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow us on

Jangan ragu untuk menghubungi kami
//
Swandy Sihotang
Peneliti Yayasan IKI
//
Eddy Setiawan
Peneliti Yayasan IKI
//
Prasetyadji
Peneliti Yayasan IKI
Ada yang bisa kami bantu?