loader image
021- 2510670
sekretariat@yayasan-iki.or.id

Kurikulum Merdeka Menitikberatkan Pelajaran Pancasila dan Informatika

770 views
menteri nadiem
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

JAKARTA, IKI

Mulai tahun ajaran 2022/ 2023 sekolah-sekolah diberi pilihan memasuki masa transisi menuju Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka dinilai lebih sederhana dan fleksibel dibandingkan dengan kurikulum 2013 ujar Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi beberapa waktu lalu.

Perubahan kurikulum jadi pilihan kementerian  untuk transformasi pendidikan Indonesia.

Alasannya selama 20 tahun ini terjadi krisis pembelajaran, semakin diperparah dengan learning loss akibat pandemi covid 19

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim meluncurkan kurikulum merdeka pada 11 Februari 2022.
Keyakinan Kurikulum Merdeka dapat mengatasi krisis belajar selama pandemi didasarkan atas kajian terhadap kurikulum kondisi khusus yang dinamakan darurat sejak 2020

Karakteristik Pendidikan

Ada sejumlah perubahan yang menjadi karakteristik di setiap jenjang kurikulum merdeka sebagai contoh untuk jenjang PAUD kegiatan bermain menjadi proses belajar yang utama.

Sementara penguatan literasi dini dan penanaman karakter melalui kegiatan bermain belajar berbasis buku bacaan anak.

Merupakan fungsi pondasi untuk meningkatkan kesiapan sekolah pembelajaran berbasis proyek untuk pembuatan profil belajar Pancasila setidaknya dilakukan melalui perayaan hari besar dan perayaan tradisi

Sementara di jenjang SD kurikulum ini fokus pada penguatan kompetensi mendasar dan memahami holistik untuk memahami lingkungan sekitar mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi ilmu pengetahuan alam dan sosial atau IPAS.

Lalu di jenjang SMP mata pelajaran informatika menjadi mata pelajaran wajib. Sementara di jenjang  SMA program peminatan penjurusan tidak diberlakukan. Untuk  SMK dunia kerja dapat terlibat dalam pengembangan pembelajaran.

Tiga keunggulan kurikulum merdeka;

Pertama lebih sederhana dan mendalam pembelajaran berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik dan fasenya .

Kedua, Belajar menjadi lebih mendalam bermakna tidak terburu-buru dan menyenangkan kedua kurikulum ini lebih merdeka sebagai contoh di SMA tidak ada program peminatan sehingga peserta didik bisa memilih mata pelajaran sesuai minat bakat dan aspirasinya.

Guru mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik.  Sekolah memiliki kewenangan untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan peserta didik

Yang ketiga kurikulum merdeka dianggap lebih relevan dan interaktif. Pembelajaran di kurikulum ini dilaksanakan melalui kegiatan proyek yang mencapai 25 sampai 30% jam pelajaran per tahun. (HB @yi1182006)

 

Tags:

Kirim opini anda disini

Kami menerima tulisan berupa opini masyarakat luas tentang kewarganegaraan, administrasi kependudukan, dan diskriminasi

Klik Disini

Related Post

Berita
Prasetyadji

IKI 和丹格朗县人口和民事登记局 帮助 20 名新郎新娘获取身份文件

【本报讯】丹格朗县巴古哈吉镇kajengan村邻组01/坊组05居民Sukiatma奶奶在丈夫EngKat的陪同下,于周日(1/10/2023)在丹格朗县Sodong村Cetiya Brahmavihara寺庙举行的集体婚礼仪式中领取西蒂(Siti Rohmaniah)和 斯 丽(SriPujiJatniah)代表丹格朗县人口和民事登记局颁发的结婚证。   赫利亚迪僧侣在祝福这对新人时说道,拥有官方颁发的证件,对生活在社会和国家的人是非常助的,可以从政府方案中获得便利。 Sukiatma 奶奶和 Eng Kat自1980年以来一直处于传统婚姻的身份,直到2023年10月1日星期日,他们才感受到合法的夫妻关系。 丹格朗县人口和民事登记局的代表 斯丽(Sri Puji Jatniah)和西蒂(Siti Rohmaniah)表示,通过这项登记,公民的婚姻变得清晰,结婚文件不仅在宗教登记,也由国家登记,让母亲和孩子在法律上得到保障。   在这场合中,有20对新郎新娘获得了128份文件,包括结婚证、家庭卡、身份证和孩子出生字。 出席“集体婚礼”活动的人口和民事登记局负责登记、民事登记和婚姻事务登记的官员包括和赫利亚迪(Heriyadi)长老、亨德拉(Hendra)长老和埃基(EkiSugianto)长老,以及来 自印尼公民研究所基金会的哈里斯(NyotoEl

Baca Selengkapnya »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow us on

Jangan ragu untuk menghubungi kami
//
Swandy Sihotang
Peneliti Yayasan IKI
//
Eddy Setiawan
Peneliti Yayasan IKI
//
Prasetyadji
Peneliti Yayasan IKI
Ada yang bisa kami bantu?